Manfaat:
  • sebagai pengganti pupuk dasar
  • memperbaiki dan menstabilkan struktur tanah
  • mempercepat keluarnya akar bagi tanaman muda (bibit)
  • membantu tanaman menyerap unsur hara
  • menekan/ mencegah serangan hama dan penyakit
  • mempercepat kematangan buah dengan warna seragam
  • memperkokoh tumbuh dan tegaknya tanaman
  • hasil pertanian beba dari residu/ racun kimiawi

pupuk organik cair Dewi Sri dibuat dari usur-unsur organik hayati,nabati dan hewani yang banyak mengandung mikroba, hormon dan enzim yang mutlak dibutuhkan tanaman. Pupuk organik cair Dewi Sri juga berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah, menjaga kestabilan pH tanah, dan penyedia hara ( zat makanan dan mineral dlam tanah )



Cv. Dewi Sri Cipta Makmur
Kab. Semarang- Indonesia
Hp. 0813 2511 7768
17.39 | Author: Jeshua Enfranchise

1. Bawang Merah, varietas Bima,ditanam pada 22/10/2009/ di lahan seluas : 1 Iring (1.700 m2). Pada usia tanam 7 hari, 29/10/2009, disemprot dengan pupuk organik cair “Dewi Sri” dengan dosis 3 cc per 1 liter air.

Tujuh hari kemudian, pengamatan 6/11/2009, ternyata pertumbuhannya meningkat. Dan selanjutnya disemprot “Dewi Sri” tiap 10 hari sekali. Kemudian, pengamatan di lapangan 23/11/2009, ternyata pertumbuhan vegetatif lebih cepat, lebih segar, dan waras. Pada daunnya hijau segar, dan lebih lebar, ngelung. Terbukti pada usia 30 hari sudah keluar umbinya. Padahal seperti umumnya pada petani lain, biasanya umbi akan mulai keluar setelah usia 40 hari.
Pada 9/12/2009, Bawang Merah ini dipanen pada usia 50 hari. Ternyata umbinya lebih besar tampak seragam rata, padat, dan warnanya merah cerah dan segar. Setelah diubin mencapai 1,46 ton. Padahal pada panen-panen sebelumnya, atau seperti umumnya pada Petani lainnya hanya mencapai 1 ton saja, dan harus dipanen setelah usia 60 hari. Terbukti panen ini lebih cepat 10 hari, dan hasilnya meningkat 46%.

“Bila Petani Indon nak pakai organik fertilizer ini macam Dewi Sri, pasti Petani suka, pastiPetani makmur, tak ada racun kimia lagi yang rusak itu lahan” kata Foreman asal Indonesia yang bekerja pada Agro Company di Malaysia.

1. Petani : Suharno, Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan/ Kepala BPP Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal ; Poktan :’”Sumber Mulyo” ; Lokasi lahan: Dk Balun, Desa Tanjung-mojo, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal.

2. Petani : Nur Jayadi Ketua Gapoktan “Ngudi Rejeki” Sendang Kulon ; Lokasi lahan : Dk Kacangan Lor, Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kab. Kendal.



2. Bawang Merah “Mentek” varietas Bima, luas lahan 850 m2. Sebelumnya selalu menggunakan pupuk lain, dan obat kimia. Pada usia tanam 36 hari mengalami “Mentek”, yaitu pertumbuhannya berhenti, sehingga tanaman menjadi kerdil, kecil. Sudah dilakukan berbagai upaya untuk menanggulangi ‘Mentek’ ini, antara lain dengan menggunakan berbagai pupuk dan obat kimia lain, tetapi masih tetap ‘Mentek’, kerdil, Petaninya semakin susah, uangnya sudah ‘mentek’, dan kemungkinan besar bawang merahnya ‘mentek, mentek, entek, entek’ alias gagal panen.

Pada 18/11/2009, Bawang merah ‘Mentek’ ini disemprot dengan pupuk organik cair “Dewi Sri”, dengan dosis 40 cc dicampurkan air dalam tangki Sprayer 17 liter, tiap 3 hari. Semula, Petaninya dan beberapa Petani lain tampak ragu, dan pesimis. Pasalnya, seperti umumnya pada lahan Petani lain, bila Bawang Merah yang usianya sudah 35 hari lebih terkena ‘Mentek’ tidak akan bisa diatasi, karena selama ini ‘Mentek’ memang belum bisa diatasi, baik itu oleh Petugas Pertanian, Toko Pertanian, maupun Petani.

Namun, 3 hari setelah disemprot “Dewi Sri”, pengamatan di lapangan 21/11/2009 ternyata ada perubahan, yang sebelumnya pada daunnya kaku, kecil pendek menua, mulai pulih, normal, mupus lagi (keluar tunas daun muda), dan memanjang. Selanjutnya disemprot lagi dengan “Dewi Sri”, ternyata partumbuhannya terus meningkat. Terbukti pada daunnya menjadi subur, lebih besar, hijau segar, dan lentur, ngelung, dan banyak keluar tunas muda.

Petani : Suklam / Kiswanto ; Poktan : Sumber Waras ; Lokasi lahan : Dk Kacangan Lor, Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal.
This entry was posted on 17.39 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 komentar:

On 14 Januari 2012 pukul 01.12 , Anonim mengatakan...

Untuk pemesanan di kota Semarang silahkan kunjungi Blog Agen di kota Semarang : http://pupukdewisrisemarang.wordpress.com

 
On 2 Agustus 2012 pukul 00.55 , Anonim mengatakan...

pak soklam wah saiki wis hebat